English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Kamis, 26 Juli 2012

25 Ribu Tweeps Kicaukan 'Banjir Padang' Melalui #PrayforPadang


Jembatan padang akibat banjir - kaskus
Bencana banjir bandang di Padang, Sumatera Barat (24/7/2012), menyisakan puing dua unit jembatan, 484 unit rumah yang rusak dan terendam. Pemerintah setempat menetapkan situasi tanggap darurat sampai 15 hari mendatang, sejak kemarin (25/7/2012). Demikian laporan kantor berita Antara, di antaranews.com.
Di linimasa, berita ini sempat menjadi percakapan hangat, hingga menjadi salah satu topik paling tren di Twitter Indonesia, dengan tagar #PrayforPadang. Berdasarkan penelusuran SX Indeks pada tanggal 24-25 Juli 2012, ada 25.572 pengicau aktif, yang menghasilkan total 33.883 kicauan di linimasa.
Kicauan mulai ramai sekitar pukul 21.00 WIB, dan memuncak di tengah malam hingga perpindahan hari. Menurut berbagai berita, banjir mulai terjadi menjelang Isya, setelah berbuka. Menjelang makan sahur, tampaknya banyak pengicau kembali ramaikan percakapan pada topik bencana ini, menyebabkan jumlah kicauan kembali memuncak pada pukul 05.00 WIB.
Kicauan pray for padang 24-25 Juli 2012
Dari 20 kota yang terlibat percakapan, pengicau dari Jakarta yang paling aktif. Kicauan dari Padang, dimana peristiwa ini terjadi, menjadi kota yang paling paling banyak berkicau keempat, setelah Bandung, dan Medan. Warga Padang tercatat mengirim 2.204 kicauan saat itu, hampir setengah dari jumlah kicauan dari Jakarta.
Dari ibukota, tercatat ada 5.901 kicauan yang terkirim, disusul dari Bandung dengan 3.264 kicauan, lalu dari Medan dengan 2.250 kicauan.
Menurut penelusuran SX Indeks ini, pengicau paling aktif adalah @ayunurp yang menggunakan nama 'Udang Kering'. Ada 71 kicauan mengenai topik ini, sebagian besar terkait tagar lain, yaitu#berburupahala, sebuah permainan dari brand operator ponsel, @simPATI. Tidak banyak yang bisa diketahui tentang identitas akun ini dari profil akun Twitter-nya.
Akun berikutnya yang juga banyak berkicau mengenai topik ini adalah @poelaerodyne. Ditemukan 62 kicauan dari akun tersebut, yang menggunakan nama Poel Aerodyne. Di linimasanya tampak ia beberapa kali meneruskan informasi dari akun lain seputar topik bencana ini.
Sejauh ini, tautan yang paling banyak tersebar di linimasa, adalah berita dari Detik.com, tanggal 24 Juli lalu. Berita bertajuk Banjir Bandang Terjang Padang, 8 Orang Hilang tersebut, tersebar 115 kali ke linimasa. Tautan lain yang populer di linimasa, adalah sebuah thread dari Kaskus (forum daring terbesar di Indonesia) yang memuat banyak foto-foto dari lapangan. Salah satunya digunakan pada artikel ini. Thread itu sendiri baru dibuat sejak kemarin, 25 Juli 2012, diberi judulBanjir di Padang Meluap saat Adzan Magrib.
Foto: Kaskus
sumber http://salingsilang.com/

Artikel Terkait